AMALAN CALON PENGHUNI SURGA

Posted by Dakwahsunnah on 07:58 PM, 25-May-12 • Under: Akhlaq , Hadits , Kisah , Salafusshahih

398802-353789061350730-10.jpg

Bismillah...

AMALAN CALON PENGHUNI SURGA

oleh:Meisyah Hanan

Hendaklah kita tidur tanpa ada sedikitpun dalam hati kita kedengkian dan hasad terhadap salah seorang dari kaum muslimin

Ini sesungguhnya suatu perkara yg sangat agung yg mana Allah menjanjikan atasnya pahala yg sangat besar. Allah berfirman: Dan janganlah engkau tanamkan kedengkian dlm hati kami terhadap orang2 yg beriman(al Hasyr 10)

Selayaknya kita mendatangi pembaringan sementara hati kita bersih terhadap kaum muslimin. ini adalah amalan calon penghuni Surga.

Anas bin malik radliyallaahu 'anhu berkata, Kami pernah duduk2 bersama Rasulullah kemudian beliau bersabda: "Sekarang akan muncul dihadapan kalian seorang lelaki penghuni Surga. Lalu muncullah seorang laki-laki Anshor yg janggutnya basah karna wudhu, ia menenteng sandal ditangan kirinya.

Keesokan harinya Nabi bersabda sama seperti keadaan kemarin. lalu muncullah laki-laki itu seperti keadaan kemarin. Pada hari ketiga nabi bersabda seperi itu juga,lalu laki2 itu muncul seperti keadaan kemarin. Ketika nabi pergi,Abdullah bin 'Amru bin al Ash mengikuti laki-laki itu...,
Ia berkata kepadanya,: "Aku ingin tinggal bersamamu untuk memperhatikan apa yg engkau amalkan hingga aku bisa meneladanimu.Namun aku tidak melihat engkau mengamalkan amalan begitu banyak,lalu apa sebenarnya yg menyebabkan engkau sampai kepada derajat yg disebutkan nabi?

Laki-laki itu menjawab; "Tidaklah aku beramal selain apa yg telah engkau lihat.Namun aku tidak pernah mendapati pada diriku suatu kecurangan sedikitpun terhadap seorangpun dari kaum muslimin.Dan aku tidak pernah HASAD kepada seorangpun atas kebaikan yang telah Allah karuniakan kepadanya."

Abdullah pun berkata,"itulah yang membuatmu sampai kepada derajat itu." Dlm riwayat lain disebutkan bahwa laki-laki itu berkata,"Ketika aku hendak tidur,didalam hatiku tidak ada kedengkian terhadap seorangpun."

Hadits riwayat Ahmad(12657) n dishahihkan oleh ibnu katsir dlm Tafsirnya(VII/70).

sebarkan semoga bermanfaat dan berpahala...

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

No comments yet. Why not make the first one!

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images